Jumat, 27 Maret 2015

Trypophobia

kikyo lagi yang ngepost :v
mangga kita bahas trypophobia *bahasa sunda ku jelek ye, maaf lagi belajar :'v
so, what is trypophobia? cekidot, sok kita bahas :v

Trypophobia adalah sebuah ketakutan yang tinggi terhadap lubang kecil yang banyak atau bentuk asimetris, dan menyebabkan rasa gatal dan geli di seluruh tubuh, perasaan menjadi tidak nyaman, bahkan beberapa kasus menyebabkan Penderita Trypophobia dan menurunkan nafsu makan. Penyakit yang dalam bidang medis sebenarnya tidak ada, jua akan merasa takut ketika melihat sarang lebah madu, terumbu karang, biji bunga teratai, jamur atau gelembung.



Sejarah Trypophobia

Kata trypophobia ditemukan pada tahun 2005, yang merupakan kombinasi dari kata trypo (Yunani) yang artinya lubang dan fobia (ketakutan). Meskipun, sampai saat ini pihak Statistical Manual of Mental Disorders dan American Psychiatric Association's Diagnostic tidak mengakui kondisi Trypophobia sebagai fobia yang sebenarnya.

Meskipun demikian, Antony tidak heran jika banyak orang langsung mengaku mengidap trypophobia setelah melihat gambar-gambar dengan banyak lubang kecil. Menurutnya, rasa takut seseorang memang bisa berasal dari mana saja. "Takut dan jijik memang menular. Secara teknis, hampir semua hal yang memicu reaksi jijik biasanya juga memunculkan rasa takut akan sebuah penyakit," papar Antony, seperti yang dikutip dari Popular Science. Antony kemudian menjelaskan bahwa kemungkinan besar rasa jijik yang timbul akibat melihat benda penuh lubang adalah reaksi bawah sadar seseorang yang terjadi karena rasa takut akan penyakit tertentu. Contohnya kondisi cacar air yang membuat kulit meninggalkan bekas bintik-bintik kecil yang cukup menjijikkan.

Penyebab Trypophobia

Rasa takut seseorang terhadap suatu hal memang bisa berasal dari mana saja, bahkan Rasa Takut dan jijik bisa menular. Dan secara teknis, hampir semua hal yang menimbulkan reaksi jijik juga memunculkan rasa takut untuk sebuah penyakit.

Rasa jijik yang timbul akibat melihat benda penuh lubang pada gejala Trypophobia adalah reaksi bawah sadar penderitanya yang terjadi karena rasa takut mengalami penyakit tertentu pada dirinya. Contohnya adalah, ketakutan pada terjadinya penyakit cacar air yang membuat kulit meninggalkan bekas luka atau bahkan Keloid yang mengerikan.

Cara Mengobati Trypophobia
Apabila saat ini anda merasa mengalami trypophobia, maka bisa dihilangkan dengan mengurangi segala pikiran negatif mengenai gangguan mental tersebut. Dan apabila anda normal, jangan memaksa teman lain untuk melihat gambar atau bentuk yang memicu terjadinya Trypophobia. Sedangkan bagi anda yang masih penasaran, sebaiknya jangan mencoba untuk mencari Gambar-gambar atau foto Trypophobia.
Maaf sengaja gak mimin kasih gambar karena mimin sendiri juga jijik, miminnya langsung mau muntah tadi, jadi maaf ya,
JANGAN CARI GAMBAR TRYPOPHOBIA JIKA KALIAN MASIH MAU MAKAN DENGAN LAHAB DAN ENAK :'D

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.